Senin, 18 Februari 2013

Makanan yang Boleh Dikonsumsi dan Dihindari Saat Malam Hari

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu seseorang untuk tidur lebih lelap. Namun juga ada makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi karena bisa akan membuat Anda makin gemuk dan berisiko terkena penyakit. Seperti yang dikutip dari All Women Stalk, berikut daftar makanan dan minuman tersebut.

Makanan dan Minuman yang Boleh Dikonsumsi

1. Air mineral
Rasa haus suka diikuti dengan rasa lapar. Jadi sebelum Anda membuka lemari es atau lemari makanan, ada baiknya meminum satu sampai dua gelas air putih terlebih dahulu. Tunggu selama sekitar 10 menit, jika perut Anda masih terasa lapar, baru Anda bisa memakan camilan.

2. Susu
Triptofan dan asam amino yang terkandung dalam susu dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Pada dasarnya triptofan membantu meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh, serotonin inilah yang memberikan rasa kantuk dan merilekskan tubuh. Sebagai bonusnya, Anda pun dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan mengonsumsi susu. Jangan lupa untuk memilih susu yang rendah lemak.

3. Kacang-kacangan
Makanan yang kaya akan antioksidan ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak ada lagi bangun tengah malam karena kelaparan. Kacang juga membantu mengatur gula darah dan meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh.

4. Popcorn
Ternyata popcorn tidak masalah jika dimakan saat malam hari, asalkan Anda tidak menuang mentega cair atau bumbu-bumbu olahan diatasnya. Popcorn merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik dan juga rendah kalori.

5. Gandum
Manfaat gandum hampir sama dengan susu, karbohidrat yang dikandungnya membantu meningkatkan kadar triptofan dalam darah. Selain itu gandum merupakan makan yang berserat yang baik untuk pencernaan. Tapi hindari makanan dengan karbohidrat olahan seperti, keripik dan pasta karena akan membuat tidur Anda tidak nyenyak.

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi

1. Kopi
Kandungan kafein dalam kopi tidak hanya membuat Anda sulit tidur, tapi juga bersifat diuretik, yang artinya membuat Anda ingin selalu buang air kecil. Ketika mata terjaga, otomatis keinginan untuk mengunyah makanan akan muncul dan memicu Anda untuk ngemil makanan tidak sehat seperti keripik kentang, biskuit atau jenis junk food lainnya.

2. Makanan Pedas
Mengonsumsi makanan pedas saat akan beranjak tidur? Anda mencari masalah dengan perut. Cabai, merica dan bumbu pedas lain bisa menyebabkan heartburn (rasa seperti terbakar pada dada) dan pada beberapa orang bisa meningkatkan level energi. Bukannya tidur, Anda mungkin akan menghabiskan malam dengan membersihkan kamar mandi, mencuci mobil atau olahraga.

3. Cookies, Cake, Es Krim
Hindari semua makanan yang mengandung gula sebelum tidur seperti cookies, cake atau es krim. Gula akan menaikkan gula darah dan menambah energi (yang tidak dibutuhkan untuk tidur). Jika hasrat makan makanan manis datang di malam hari, carilah alternatif lain dengan mengonsumsi buah-buahan segar seperti apel, pisang atau mangga.

4. Hamburger
Hamburger dengan kalori dan lemak tinggi sebelum tidur? Bisa dipastikan tubuh Anda akan menumpuk kelebihan kalori dan lemak, terutama di area perut. Selain itu, hamburger yang berisi daging dan keju juga bisa menyebabkan heartburn. Hindari makanan berlemak agar tidur lebih nyenyak dan terasa segar ketika bangun di pagi hari.

5. Soda
Soda adalah minuman yang popular. Sekarang ini semua orang hampir menyukai minuman bersoda. Meski rasanya enak, Anda harus berhati-hati bila terlalu banyak meminumnya, terutama saat menjelang tidur. Mengonsumsi minuman bersoda dalam jangka waktu panjang dapat berakibat buruk bagi kesehatan seperti penyakit diabetes dan jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar