Minggu, 17 Februari 2013

Ini yang terjadi jika Anda menelan permen karet!


Jika Anda tak sengaja menelan permen karet, maka tubuh Anda memerlukan setidaknya tujuh tahun untuk mencernanya. Itu adalah mitos yang digunakan untuk menakut-nakuti anak-anak.

Faktanya, permen karet sebenarnya bisa dicerna dengan baik oleh lambung, karena pada dasarnya permen karet juga dibuat dari pemanis, pewarna buatan, dan perasa, sama seperti permen biasa.

Sementara itu dasaran karet terbuat dari campuran elastomer, resin, lemak, emulsifier, dan wax, seperti dilansir oleh Daily Mail (10/09). Perut memang tak bisa memecah bahan karet ini dengan mudah.

Namun sistem pencernaan manusia memiliki cara lain untuk menangani hal-hal yang Anda telan. Meski tak bisa dicerna hingga halus, permen karet akan terus dicerna dalam usus dan digerakkan hingga menuju bagian akhir sistem pencernaan dan dikeluarkan melalui anus.

Jadi, permen karet sudah bisa keluar dari tubuh Anda paling tidak sehari atau dua hari setelah Anda menelannya.

Air liur kita sebenarnya telah mengolah permen karet sebelum tertelan. Banyak saripati permen karet seperti pemanis yang sudah terserap oleh tubuh. Meski begitu bahan dasar karet yang ada pada permen karet tak bisa diolah oleh tubuh.

Hal berbahaya yang bisa terjadi ketika Anda menelan permen karet adalah adanya penyumbatan pada organ pencernaan. Anak-anak seringkali mengalami penyumbatan setelah menelan permen karet karena diameter organ pencernaan mereka lebih kecil dibandingkan orang dewasa. Namun hal ini jarang sekali terjadi.

Jadi, jangan khawatir jika Anda tak sengaja menelan permen karet. Namun, jika permen karet tak keluar juga, Anda patut waspada. Berhati-hatilah ketika makan permen karet agar tak sampai tertelan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar